TAROMBO NI RAJA SITANGGANG
1. RAJA SORIMANGARAJA
v Raja Sorimangara mempunyai 3 ( Tiga ) Orang anak yaitu :
1. Raja Asi – asi
2. Raja Isumbaon
3. Guru Tatea Bulan
v Raja Isumbaon mempunyai 3 ( Tiga ) Orang anak yaitu :
- Tuan Sorbadijulu
- Tuan Sorbadijae
- Tuan Sorbadibanua
v Tuan Sorbadijulu mempunyai 1 ( Satu ) Orang anak yaitu Datu Sindar Mataniari/ Suliraja/Raja Naiambaton
v Anak dari dari Datu Sindar Mataniari/ Suliraja/ Raja Naiambaton ada 4 ( Empat ) yaitu :
- Anak dari Isteri Pertama ( I ) yaitu :
1)
|
2) Guru So Dundangon
3) Raja Sitempang/ Raja Natanggang
- Anak dari Isteri kedua ( II ) yaitu :
1) Raja Nabolon
Raja
Sitempang/ Raja Natanggang mempunyai kehidupan yang unik, banyak versi
Legenda yang dapat didengar secara turun temurun dari mulut kemulut.
Lahir dalam keadaan cacat, dimana kedua kakinya dempet dengan berjalan
hanya tujuh ( 7 ) Jari. Untuk menghilangkan rasa malu dari Orang Tuanya
dia diasingkan disuatu Pondok dekat tala – tala di Huta Pusuk Buhi. Pada
waktu yang sama ada seorang wanita yang juga diasingkan oleh Orang
Tuanya, Silahisabungan bernama Siboru Marihan. Siboru Marihan dengan
wajah dan tubuh Manusia tetapi kakinya seperti seekor ikan (seperti
Putri Duyung). Itulah sebabnya Dia diasingkan dari keluarganya dan
dimasukkan ke tala-tala oleh Orang Tuanya
Silahisabungan dengan harapan kalu Dia manusia akan mati, tetapi kalau
Dia Ikan Dia akan hidup, ternyata Dia hidup, tetapi Dia bukanlah Ikan.
Tapi memang aneh bila Dia bukan Manusia mengapa Dia dapat hidup di dalam
air ? hal ini lah yang membuat Orang Tuanya menjadi heran dan merasa
takut dan Dia diasingkan ke suatu Pondok dekat tala-tala dihuta Pusuk
buhit. Kedua orang ini akhirnya bertemu dan menikah setelah melalui
proses yang ajaib dan melahirkan seorang anak yang bernama Raja
Hatorusan. Tetapi sebelum menikah mereka membuat suatu janji ataupun
padan agar Raja Natanggang berjanji untuk tidak mengatakan kepada
siapapun bahwa Dia adalah Manusia Ikan. Tetapi ternyata janji ini
dilanggar oleh Raja Natanggang yang mengakibatkan mereka serta anaknya
berpisah dan tidak pernah bertemu lagi. Raja Hatorusan keluar darii
daerah Sianjur Mula mula.
Salah
satu mitos yang berkembang sampai saat ini adalah meletusnya gunung
Toba yang menghasilkan Danau Toba dan Gunung Pusuk Buhit sekarang,
adalah akibat pengingkaran Janji oleh Raja Sitempang/ Raja Natanggang.
Raja Sitempang selamat dari bencana alam dan dalam perjalanannya (
Pengembaraannya ) suatu ketika bermimpi dimana ia disuruh pergi ke suatu
daerah dimana banyak tumbuh rumput yang bernama samo-samo ( Samo-samo
adalah rumput makanan ternak (Kerbau). Akhirnya sampai di daerah Tanjung
Bunga sekarang, tergelincir dan yang membuat kakinya yang dempet
menjadi terpisah. Akan tetapi lain halnya cerita lain yang mengatakan
karena senangnya setelah sampai di daerah samo-samo tersebut karena
melihat samo-samo yang sir-sir, Ia menari-nari dengan melompat-lompat dengan
kakinya yang dempet dan seketika itu pula kakinya terpisah dan Ia
menjadi manusia normal kembali kemudian membangun rumahnya di daerah
itu. Konon menurut hikayatnya daerah itu kemudian dinamai SAMOSIR,
karena di daerah samo-samo tersebut semua sir-sir (sirsir artinya semua
tersedia). Oleh karena itu, asal kata samosir adalah dari kata samo samo
na sirsir.
Setelah Raja Sitempang tinggal menetap mempunyai huta ( di Pangururan sekarang ), dia menikah dengan Boru Porti Mataniari, dan kemudian lahirlah anaknya yang diberi nama RAJA NATANGGANG ( RAJA PANGURURAN ). Raja Sitempang/ Raja Natanggang mewariskan kerajaannya kepada anaknya Raja Natanggang yang dikenal dengan nama Raja Pangururan.
Raja
Panungkunan dikenal juga dengan nama Raja Tanjabau yang kemudian
dikenal dengan nama Sitanggang Bau, mempunyai 2 ( dua ) orang anak yaitu
:
1. Raja sitempang ( kembali mengambil nama Oppungnya )
2. Raja Tinita
Raja
Sitempang I kemudian mengangkat anak yang tadinya marga Sijabat dan
diberi nama Gusar, marga ini kemudian dikenal dengan Nama Sitanggang
Gusar.
Raja Pangadatan mempunyai 3 ( Tiga ) Orang anak yaitu :
1. Raja Sitanggang Lipan
2. Raja Sitanggang Upar
3. Raja Sitanggang Silo
Raja Sitanggang Silo mempunyai 3 ( Tiga ) orang anak yaitu :
1. Mangilang Bosi/ Silo
2. Sitabi Dalan/ Simanihuruk dan
3. Salapsap Bosi/ Sidauruk
Raja Pangulu Oloan mempunyai 1 ( Satu ) orang ank yang bernama : Sigalingging
- IPAR – IPAR NI PARTUBU
Raja
Sitanggang/ Raja Pangururan adalah anak dari Raja Sitempang/ Raja
Natanggang, dan Raja Simbolon adalah anak dari Raja Nabolon. Keberadaan
Raja Sitempang/ Raja Natanggang sejak awal sudah bermasalah dan Ia
diasingkan Orang Tuanya Ke Tala – tala Pusuk Buhit dan dianggap tidak
ada lagi. Tetapi ternyata dikemudian hari Ia muncul dan dalam keadaan Normal
yang membuat suatu kenyataan yang sulit diterima oleh akal sehat. Pada
hal; selama Raja Sitempang/ Raja Natanggang berada dipengasingan Raja
Simbolon sudah sempat dianggap siangkangan, sehingga status siapa
siangkangan menjadi rumit ditentukan karena Raja Simbolon sudah terlebih
dahulu menikah dengan boru siangkangan dari Naibaho dimana kemudian
Raja Sitanggang / Raja Pangururan menikah dengan boru Naibaho adik dari
Isteri Raja Simbolon.
Tona dari Raja Naiambaton : “ Di Hamu sude pinomparhu na mamungka huta di Desa naualu di Tano Sumba,
di na manjunjung baringin ni Raja Isumabon. Partomuan ni aek Partomuan
ni hosa. Mula ni jolma sorang. Asa tonahonma tonangkon tu ganup
pinomparmu ro di marsundut-sundut, asa sisada anak, sisada boru hamu
sisad lungun, sisada siriaon, naunang, natongka, naso jadi marsibuatan
hamu pinompar muna manjunjung goarhu Si Raja Nai Ambaton Tuan Sorba di
Julu Raja Bolon.
Asa ise hamu di pomparhu namangalaosi tonangkon, tu hamuma I sitabaon, tu tao ma I sinongnongon, tu harangan mai situtungon”.
Khusus
untuk Raja Sitanggang dan Simbolon di PADAN hon sebagai berikut : Di Ho
ale Pimomparhu Raja Na Tanggang gelar Raja Pangururan na Manean huta ni
Daompung si Raja Isumbaon dohot ho ale Raja Nabolon namanean goarhu
Raja Bolon Sian Tano Sumba Pangurura, asa tonahonon muna tonakon tu
saluhut siminithu/ Pinomparhu rodi marsundut-sundut di desa na ualu di
Tano Batak. Asa rap siahaan mahamu rap sianggian; rap di jolo rap si
Raja Baung di Pomparan ni Si Raja Naiambaton.
Asa
tonahononhu ma tu saluhut Raja Adat, Raja Bius, suang songoni tu angka
Raja Parbaringin, Datu Bolon dohot Si Baso Bolon di Tano Sumba asa rap
Siahaan ma hamuna du diparadaton, dipartuturan siapari, di tarombo,
dihorja adat.
Di
Parjambaran ni horbo bius dohot adat, dipanjambaran Adat Dalihan Natolu
asa sahali manjou ma goarmu na, du hali manggora dohot tangan na dua na
martaripar, Natanggang-Nabolon, Nabolon-Natanggang. Asa ruhut ni
panjouon di ulaon adat, IPAR IPAR ni Partubu nami Raja Nabolon; songoni
ma nang Raja Nabolon manjou IPAR-IPAR ni Partubu nami Raja Natanggang.
Asa ruhut dipartuturon siapari, na parjolo tubuma siahaan, parpudi tubu
sianggian.
Molo
so diingot ho hata nidok ima namanggose, molo lupa di tona ima na
manguba. Asa ho ale Raja Nabolon-Raja Natanggang asa tonahononmuna ma
tupinomparmu asa unang adong namangose namanguba tonangki.
NAIBAHO juga akhirnya turun tangan untuk mengatasi kemelut bere/ helanya dan mengatakan :
“Di
Berengku Sitanggang-Simbolon, Di Helangku Simbolon-Sitanggang, Tonahon
hamu ma tonangkon tu saluhut Pinomparmu rodi marsundut – sundut di Tano
Batak dohot tu sude na adong di desa na ualu. Asap rap siahaan ma hamu
rap sianggian. Rap Rajai jolo, rap Raja i pudi.
Ditonga
– tonga ni Raja Adat, Raja Bius Suang songoni dohot dijolo ni angka
Raja Parbaringin datu bolon dohot Sibaso Bolon, Siada Tulang mahamu,
hami namarbere, di Namarsimatua hamu hami namarhela.
Asa rap siahaan mahamu rap sianggian di Paradaton, di Partuturan siapari ditarombo dohot diadat.
Asa
Molo panjouan ni Adat Dlihan Natolu, sahali manggorahon ma Goarmu nadua
dohot dua tangan na mar taripar “Na Tanggang-Na Bolon” {SITANGGANG-SIMBOLON}. Panjouan di adat, IPAR IPAR NI PARTUBU MA HAMU, HOMBAR TU PARTUBU MU DOHOT DI PANGOLIANMU.
Asa molo di ose hamu on sega ma hamu jala molo diingot hamu on, na gabe ma hamu, rodi di Pinompar mu saluhut saur matua.
On ma bangun bangunan di hamu helangku, borungku na dua :
“MARNINI MARNONO OMPU SANGGAR NIHUTA,
MARANAK MARBORU SITANGGANG-SIMBOLON NA SADA
ALAI DUA, GABE JALA HORAS SAHAT TU NA SAUR MATUA,
SONGON I DI AMANA DOHOT PINOMPARNA, NA TANGI DIPADAN DOHOT HATA NI NATUA TUA”.
Secara Khusus akhirnya Sitanggang dan Simbolon membuat komitment/ pati-patian sebagai berikut :
Songgar tolong baringin jabi-jabi
Sitanggang Simbolon sisada urdot sisada tahi
Dengke ni Sabulan tonggi jala tabo
Manang ise si ose padan, turipur na tumagona
Apabila diterjemahkan secara bebas arti dari TONA – PESAN tersebut adalah :
Sitanggang – Simbolon sama-sama si Abangan sama-sama siadikan.
Dalam acara Adat Pemanggilan dari Sitanggang dan Simbolon adalah IPAR-IPAR ni Partubu.
Penyerahan Jambar diserahkan bersamaan dengan memanggil keduanya Sitanggang dan Simbolon dan dengan menyilangkan tangan.
3. SITANGGANG BUKAN ANAK DARI MUNTHE
Diatas
telah diuraikan bahwa Sitanggang adalah keturunan dari Raja Sitempang/
Raja Natanggang, Sitanggang bukanlah anak dari Munthe sebagaimana telah
ditulis oleh beberapa penulis Tarombo yang dimulai dengan Tulisan W. M.
Hutagalung tahun 1926 (POESTAHA taringot toe tarombo ni Bangso Batak na Pinatoere ni W. M. Hoetagaloeng-rongkoman I-1926).
Tulisan ini dipakai beberapa Penulis sebagai Refrensi. Tulisan ini
memang belum pernah dibantah oleh Keturunan Marga Sitanggang, inilah
saatnya untuk meluruskan Tarombo tersebut sekaligus menyatakan bahwa apa
yang ditulis oleh Hutagalung tersebut dan kemudian oleh penulis
berikutnya pun tetap salah. Perlu diketahui bahwa W. M. Hutagalung pada
waktu menulis Tarombo tersebut adalah ASISTEN DEMANG DI PANGURURAN, yang
seharusnya tahu persis bahwa Marga Munthe tidak ada di Pangururan, maka
kesimpulannya bahwa apa yang telah ditulis oleh W. M. Hutagalung
tentang Tarombo ni Marga Sitanggang yang berasal dari Marga Munthe
adalah Bualan Belaka atau Karangan yang mengada-ada tampa Bukti Kuat.
Sebagai
Fakta yang menguatkan bahwa Sitanggang adalah keturunan Raja Sitempang/
Raja Natanggang anak dari Datu Sindar Mataniari/ Suli Raja/ Raja Nai
Ambaton adalah :
a. Raja Natanggang/ Raja Pangururan
Nama
Raja Natanggang yang juga disebut Raja Pangururan, perobahan nama ini
adalah karena setelah huta yang dibangun Raja Sitempang berkembang,
banyak orang yang datang berdagang dan keperluan lainnyake huta
tersebut.
Raja
Sitempang membangun PARTUNGKOAN yaitu tempat berkumpul layaknya seperti
kedai atau Lapo saat ini. Lapo ini juga berfungsi sebagai tempat
berjudi. Menurut cerita, tak pernah pendatang menang berjudi di
Partongkoan ini, sehingga menjadi buah bibir setiap pengunjung dan
menyatakan tempat itu PANG-URUR-AN, karena setiap berkunjung ke tempat
itu selalu mang – urur – i, selalu kehabisan uang atau kekurangan Uang,
kadang-kadang pulang hanya dengan pakaian yang melekat di tubuhnya saja.
Dan Akhirnya Raja Sitempang/ Raja Natanggang mewariskan Kerajaanya pada
Anaknya Raja Natanggang, jadilah Raja Natanggang pemilik partongkoan
tersebut diberi gelar nama menjadi RAJA PANGURURAN, yang punya Huta dan
tentu saja yang menjadi Raja Huta.
b. Bius Sitolu Hae Horbo
Bius
Pangururan disebut Bius Sitolu Tali yang kemudian berubah nama menjadi
Bius Sitolu Hae Horbo. Disebut Tolu Hae karena yang memiliki harajaon
adalah tiga Marga yaitu : Sitanggang, Simbolon dan Naibaho. Apabila ada
acara, maka masing-masing marga ini dapat sakhae dari kerbau yang
disembelih. Konon katanya, hae keempat ditanam dibatu mamak. Kemudian
dalam perkembangannya hae keempat diberikan kepada pargonsi. Ternyata marga Munthe tidak mempunyai atau tidak memiliki bius di Pangururan ( Bius Munthe tidaka ada di Pangururan ).
c. Aek Parsuangan
Di
salah satu sisi di Gunung Pusuk Buhit, ada 3 (Tiga) mata air yang
disebut Aek Parsuangan. Pemilik dan nama mata air itu berturut-turut
dari atas kebawah adalah : Naibaho, Sitanggang dan Simbolon.
4. TAROMBO NI RAJA SITANGGANG DI DALAM BAGAN
Raja Natanggang/ Raja Pangururan mempunyai 3 (Tiga ) orang anak, yaitu :
1. Raja Panungkunan
2. Raja Pangadatan
3. Raja Panghulu Oloan
5. Penomoran
Pendekatan penomoran dapat dengan dua cara yaitu :
1. Menurut Generasi
2. menurut pada yang menurunkannya.
6. Panjouan di Ulaon
1) Ulaon Raja Sitempang ( Raja Sitanggang Bau )
Dipanggil
pertama Raja Tinita, kemudian Sitanggang Gusar, setelah itu dilanjutkan
memanggil Sitanggang Lipan, Sitanggang Upar, Sitanggang Silo,
Simanihuruk, Sidauruk dan Sigalingging.
2) Ulaon di Raja Tinita
Dipanggil
Pertama Sitanggang Bau Raja Sitempang, kemudian Sitanggang Gusar.
Setelah itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Lipan, Sitanggang Upar,
Sitanggang Silo, Simanihuruk, Sidauruk dan Sigalingging.
3) Ulaon di Sitanggang Gusar
Dipanggil
pertama Sitanggang Bau Raja Sitempang, kemudian Raja Tinita, setelah
itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Lipan, Sitanggang Upar, Sitanggang
Silo, Simanihuruk, Sidauruk dan Sigalingging.
4) Ulaon di Raja Sitanggang Lipan
Dipanggil
pertama Sitanggang Lipan, Sitanggang Silo, Simanihuruk dan Sidauruk.
Setelah itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Bau Raja Sitempang, Raja
Tinita, Sitanggang Gusar dan Sigalingging.
5) Ulaon di Raja Sitanggang Upar
Dipanggil
pertama Sitanggang Lipan, Sitanggang Silo, Simanihuruk dan Sidauruk.
Setelah itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Bau Raja Sitempang, Raja
Tinita, Sitanggang Gusar dan Sigalingging.
6) Ulaon di Raja Sitanggang Silo
Dipanggil
pertama Simanihuruk, Sidauruk, Sitanggang Lipan dan Sitanggang Upar.
Setelah itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Bau Raja Sitempang, Raja
Tinita, Sitanggang Gusar dan Sigalingging.
7) Ulaon di Raja Simanihuruk
Dipanggil
pertama Sitanggang Silo, Sidauruk, Sitanggang Lipan dan Sitanggang
Upar. Setelah itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Bau Raja Sitempang,
Raja Tinita, Sitanggang Gusar dan Sigalingging.
8) Ulaon di Raja Sidauruk
Dipanggil
pertama Sitanggang Silo, Simanihuruk, Sitanggang Lipan, dan Sitanggang
Upar. Setelah itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Bau Raja Sitempang,
Raja Tinita, Sitanggang Gusar dan Sigalingging.
9) Ulaon di Raja Sigalingging
Dipanggil
pertama Sitanggang Bau Raja Sitempang, Raja Tinita dan Sitanggang
Gusar. Setelah itu dilanjutkan memanggil Sitanggang Lipan, Sitanggang
Upar, Sitanggang Silo, Simanihuruk dan Sidauruk.
- Raja Parhata/ Parsinabul
Molo ulaon dihahana, anggina parsinabul. Itu adalah prinsip yang baku disemua marga. Untuk marga Sitanggang perlu ada Fleksibilitas tingkat sisada ulaon, apalagi namaralaman.
Raja
Panungkunan, Raja Pangadatan dan Raja Pangulu Oloan adalah marhaha
maranggi sehingga salah satu diantara merekalah gantian yang menjadi
parsinabul.
Dibeberapa
tempat yang populasinya sudah cukup besar, sesama Raja Panungkunan atau
sesama Raja Pangadatan atau sesama Raja Pangulu Oloan sudah boleh
menjadi Parsinabul. Bahkan ke tingkat yang lebih rendah seperti yang
terlaksana di BONA PASOGIT.
Sabungan Ni Huta,Pangururan, Pebruari 2008
Penulis
Caisar Roberto Sitanggang (Upar)m
1 komentar:
bagus
Posting Komentar